Jakarta

Presiden China Xi Jinping mengirim pesan kepada Presiden Amerika Serikat Donald Trump dan istrinya, Melania pada hari Sabtu (3/10) ini. Xi berharap mereka lekas sembuh dari virus Corona, begitu media pemerintah China melaporkan.

Dalam pesan untuk Trump, Xi mengatakan bahwa setelah mengetahui Presiden Trump dan Melania sudah dites positif COVID-19, dia dan istrinya, Peng Liyuan, menyampaikan afinitas kepada mereka dan berharap itu lekas sembuh. Demikian seperti diberitakan media pemerintah China, Xinhua, Sabtu (3/10/2020).

Sebelumnya, Trump mencanangkan pada Jumat (2/10) bahwa tempat telah terinfeksi virus Corona. Trump telah dibawa ke rumah melempem militer Walter Reed di tepian Washington pada hari yang sama.

Trump akan bekerja di kamar khusus di rumah lara tersebut selama beberapa hari ke depan sebagai tindakan pencegahan, sekapur sekretaris pers Gedung Putih Kayleigh McEnany.

Diketahui kalau Trump telah kerap melontarkan kritikan dan tuduhan-tuduhan terhadap Beijing melanda penanganan virus Corona, meningkatkan ketegangan antara kedua negara.

Berita Trump terinfeksi virus Corona dimanfaatkan oleh para netizen China untuk mengolok-olok pemimpin AS itu. Media-media pemerintah negara tersebut serupa ramai mengangkat berita ini.

Para pengamat dan media pemerintah China menyebut diagnosis tentu Trump dan Ibu Negara Melania menunjukkan seberapa luas dan parahnya situasi virus Corona di AS. Media China Daily menyebut analisis positif Trump ini adalah “pengingat bahwa virus Corona terus menyebar” meskipun dia berusaha untuk meremehkan bahaya yang ditimbulkan oleh pandemi ini.

“Sejak tumbuh awal tahun ini, Trump, Gedung Putih, dan kampanyenya telah meremehkan ancaman tersebut dan menolak buat mematuhi pedoman kesehatan masyarakat pokok – termasuk yang dikeluarkan sebab pemerintahannya sendiri – seperti menggunakan masker di depan umum serta mempraktikkan jarak sosial, ” tulis media China itu.

Komentar seperti “Trump mungkin hendak mengatakan tidak ada yang mengalami COVID-19 lebih dari saya” & “Lihat apa yang terjadi bila Anda tidak memakai masker” banyak dilontarkan para netizen.

Simak video ‘Trump Meyakinkan Corona, Begini Tanggapan Warga AS’:

[Gambas:Video 20detik]

(ita/ita)