Dapatkan promo member baru Pengeluaran HK 2020 – 2021.

Jakarta semrawut

Pengemudi mobil Fortuner berinisial Y mengiakan mengambil pelat dinas Polri 351-00 milik perwira menengah (Pamen) Mabes Polri. Biar begitu, Y tidak dijerat dengan tindak pidana pencurian, melainkan cuma ditilang akan pelanggaran lalu lintas.

“Untuk mempertanggungjawabkan apa yang dilakukan oleh ahli Y, Polres melakukan penilangan dengan pelanggaran 268 Juncto 68 UU Lalu Lin dan Angkutan Jalan Nomor 22 Tahun 2009, ” kata Kapolres Metro Jakarta Timur Kombes Erwin Kurniawan kepada wartawan, Jumat (21/5/2021).

Dari data pelaku, dia mengambil pelah lidah dinas 351-00 itu daripada sebuah bengkel. Erwin mengutarakan pelat dinas tersebut sah dan dimiliki oleh seorang perwira menengah yang bertugas di Mabes Polri.

Tak ada unsur pidana

Selain itu, Erwin mengatakan pihaknya tak menemukan unsur pidana dari perbuatan pelaku tersebut.

“Mengenai pidana dengan dipersangkakan kami dari penyidik Polres Metro Jakarta Timur tidak menggunakan pelanggaran pidana, karena memang nopol tersebut resmi, tapi tidak sepengetahuan pemiliknya kemudian digunakan dengan bersangkutan pada mobil dengan dikendarai, ” ujar Erwin.

Dalam jalan jumpa pers, Y datang dan memberikan penjelasan soal pelat dinas Polri tersebut. Sebelum menggunakan pelat biro Polri, Y mengaku sudah memakai pelat dinas TNI.

“Pelat TNI itu sudah lama setahun lalu, ” kata S kepada wartawan, Jumat (21/5/2021).

Menyimak selengkapnya di halaman berikutnya