Manamah

Perwakilan istimewa Gedung Putih Avi Berkowitz merilis foto prosesi pemberian gulungan kitab Taurat kepada Raja Bahrain. Teks Taurat itu diberikan oleh menantu Presiden Amerika Serikat Donald Trump, Jared Kushner.

Dilansir The Times of Israel, Selasa (15/9/2020), Kushner yang menjabat sebagai penasihat senior Presiden AS Donald Trump, memberikan Raja Hamad bin Isa Al Khalifa gulungan Taurat itu pada kunjungan ke Bahrain depan bulan ini.

Selama lawatan tersebut, Kushner mendorong Bahrain untuk menormalisasi hubungan dengan Israel, kaum minggu setelah negara tetangganya, Uni Emirat Arab (UEA) melakukannya. Trump baru saja mengumumkan pada keadaan Jumat (11/9) bahwa Bahrain akan mengikuti jejak UEA dan menjalin hubungan diplomatik dengan Israel.

Berkowitz memposting foto di Twitter saat perwakilan dari Israel, UEA dan Bahrain bersiap buat upacara penandatanganan pada hari Selasa (15/9) di Gedung Putih.

Berkowitz menulis, gulungan Taurat yang diberikan kepada raja “ditulis sebagai penghormatan, ” kata Kushner, dan akan digunakan di sinagoga di Bahrain.

Situs berita Axios melaporkan bahwa Kushner, yang juga menantu Trump, mengambil kitab Taurat itu dengan persediaan dari kantongnya sendiri.

Pemerintah AS, dengan diwakili sebab Kushner dan Berkowitz, menjadi medium terobosan diplomatik antara Israel, UEA dan Bahrain. Berkowitz bekerja sebagai perwakilan khusus Gedung Putih buat negosiasi internasional.

Tonton jug video ‘Perjanjian Tenang Israel-Bahrain, Israel: Terima Kasih Kepala Trump’:

[Gambas:Video 20detik]