Rio de Janeiro kacau

Pengadilan tinggi Negeri brazil mencopot Gubernur Rio de Janeiro, Wilson Witzel, dari jabatannya karena dugaan korupsi dana darurat untuk memerangi pandemi virus Corona (COVID-19). Kepolisian setempat telah menggerebek kediaman resmi Witzel terkait penyelidikan dugaan korupsi tersebut.

Seperti dilansir AFP , Sabtu (29/8/2020), penggerebekan juga dilakukan terhadap istri dan orang-orang dekat Witzel. Salah satu yang ditangkap dalam penggerebekan adalah Pastor Everaldo, seorang pengkhotbah evangelis yang juga Ketua Partai Kriston Sosial (PSC) yang menaungi Witzel.

Sejumlah helikopter mengudara di atas kediaman Witzel yang bernama Laranjeiras Palace, mulai dari fajar hingga polisi federal melakukan penggeledahan dan penyitaan serta penangkapan.

Putusan yang dijatuhkan pengadilan tinggi Brasil itu menangguhkan Witzel (52) dari jabatannya selama setidaknya 180 hari, saat otoritas berwenang menyelidiki dugaan yang menyebut Witzel menerima suap sebesar 274, 2 juta Real Brasil atau setara Rp 739 miliar.

“Organisasi kriminal ini bertindak dan terus bertindak untuk menggelapkan dan melakukan pembilasan uang di tengah pandemi COVID-19, mengorbankan kesehatan dan bahkan menghabisi jutaan orang, ” tegas ketua Benedito Goncalves dalam putusannya menjatuhkan Witzel.

Jaksa setempat menyebut Witzel, yang mantan federasi Presiden Jair Bolsonaro ini, merancang dana gelap (slush fund) buat suap segera setelah dia menjabat sebagai Gubernur Rio de Janeiro pada Januari 2019.

Penyelidikan kasus ini fokus di tuduhan yang menyebut pemerintahan Witzel mencuri dana darurat untuk pendirian rumah sakit darurat, pengadaan ventilator dan obat-obatan dalam memerangi Corona di Rio de Janeiro. Pengadilan setempat akan mulai menyidangkan peristiwa Witzel pada Rabu (2/9) kelak.