Washington DC berantakan

Debat calon persiden Amerika Serikat (AS) putaran kedua batal digelar. Kedua kandidat, Kepala AS Donald Trump dan capres Demokrat Joe Biden akhirnya mengambil gaya debat town-hall secara terbelah.

Seperti dilansir Reuters , Jumat (16/10/2020), diskusi town-hall yang digelar Trump dan Biden disiarkan secara tepat oleh televisi setempat pada Kamis (15/10) malam, tepatnya pada jam tayang utama. Meski menggelar kesibukan di lokasi terpisah, Trump serta Biden pun seperti ‘berduel’ dengan tidak langsung.

Dalam diskusi town-hall yang ditayangkan televisi ABC , Biden berbahasa kepada para pemilih di Philadelphia. Dia berusaha menyoroti cara pengerjaan yang diambil pemerintahan Trump, secara menyalahkan sang Presiden AS yang meremehkan virus Corona yang sudah menewaskan lebih dari 216 ribu orang di wilayah AS itu.

“Dia (Trump-red) sejumlah dia tidak memberitahu siapa pula karena dia takut warga Amerika akan panik, ” ucap Biden dalam acara diskusi town-hall di Philadelphia.

“Warga Amerika tidak panik. Dia yang bingung, ” imbuhnya.

Trump membela responsnya terhadap pandemi Corona juga membela perilaku pribadinya, tercatat saat menggelar acara di Rose Garden Gedung Putih yang dihadiri banyak orang namun hanya kecil yang memakai masker dan melaksanakan social distancing. Acara di Rose Garden itu disebut sebagai jadwal ‘superspreader’ Corona dengan beberapa hadirin dinyatakan positif terinfeksi.