Jakarta

Mantan pemimpin Maladewa Maumoon Abdul Gayoom dinyatakan positif virus Corona. Hal itu diungkapkannya setelah menjalani tes.

Dilansir AFP, Rabu (26/8/2020) Gayoom diperiksa setelah dirinya merasai demam. Kabar ini disampaikanya melalaikan akun Twitternya.

“Saya dinyatakan positif COVID-19, ” tulis politisi berusia 82 tahun tersebut di Twitter.

“Semoga Allah Yang Maha Kuasa memberkati aku dan semua orang sakit lainnya dengan kesembuhan yang cepat serta kesehatan yang baik! ” sambungnya.

Diketahui, Gayoom menyimpan kekuasaan selama 3 dekade. Sesudah meninggalkan jabatannya pada tahun 2008, Gayoom tetap menjadi tokoh politik yang aktif.

Para-para penentang menuduhnya sebagai pemimpin otokratis selama tiga dekade berkuasa. Namun, dia juga dikreditkan sebagai tukang kampanye awal melawan pemanasan global, dan kenaikan permukaan laut dengan dia peringatkan dapat menghapus Maladewa yang berada di dataran kecil dari muka bumi.

Maladewa sendiri membuka kembali pinggiran internasional, untuk pengunjung pada rata-rata Juli. Hal ini dilakukan setelah penguncian selama tiga bulan dengan melumpuhkan industri perhotelan.

Maladewa telah melaporkan total 7. 047 kasus positif dan 28 kematian sejak virus mulai merembet secara global awal tahun itu.

(dwia/dwia)