Taipei

Militer Taiwan mengerahkan sejumlah jet tempurnya saat 18 pesawat militer China membayangi wilayah negeri itu. Beberapa pesawat China tersebut bahkan dilaporkan melintasi garis sedang sensitif di Selat Taiwan.

Seperti dilansir Reuters , Jumat (18/9/2020), otoritas Taiwan melaporkan bahwa 18 udara militer China mengudara di atas Selat Taiwan, dengan beberapa melintasi garis tengah sensitif di kawasan itu.

“18 September, besar pesawat pengebom H-6, delapan jet tempur J-16, empat jet menyerbu J-10 dan empat jet menyerbu J-11 melintasi garis tengah Selat Taiwan dan memasuki ADIZ (Zona Identifikasi Pertahanan Udara) barat daya Taiwan, ” demikian pernyataan Kementerian Pertahanan Taiwan.

“ROCAF (Angkatan Udara Taiwan-red) mengerahkan sejumlah jet tempur dan mengerahkan sistem peluru kendali pertahanan udara untuk memantau kesibukan tersebut, ” imbuh pernyataan itu.

Angkatan Udara Taiwan kerap mengerahkan jet tempurnya di dalam beberapa bulan terakhir untuk merespons gangguan udara dari China.

Kementerian Pertahanan Taiwan menunjukkan peta jalur penerbangan pesawat tentara China itu yang melintasi syarat tengah Selat Taiwan, yang biasanya dihindari oleh pesawat tempur kedua negara.

Secara terpisah, surat kabar Taiwan, Liberty Times , melaporkan bahwa sejumlah jet tempur milik Laskar Udara Taiwan dikerahkan 17 kala pada Jumat (18/9) pagi masa setempat, selama 4 jam, untuk memperingatkan pesawat-pesawat militer China buat menjauh.

Surat kabar itu juga menunjukkan foto sebesar rudal dimasukkan ke dalam jet tempur F-16 di pangkalan udara Hualien di pantai timur Taiwan.

Otoritas China sebelumnya mengumumkan digelarnya latihan tempur di dekat Selat Taiwan. Latihan tentara China itu digelar saat Wakil Menteri Luar Negeri AS untuk Urusan Ekonomi, Keith Krach, melakukan hari pertama kunjungannya ke Taiwan.

China mengecam apa yang disebutnya sebagai ‘kolusi’ antara Taiwan dan AS. Ditegaskan selalu oleh China bahwa latihan menyerang itu ‘beralasan’ dan merupakan ‘tindakan yang diperlukan untuk menanggapi situasi terkini di Selat Taiwan’.

(nvc/rdp)